Liputan seminar Cara Sistemasi Perusahaan Distribusi

Pada tanggal 12 Maret 2010 tepat pukul 14:00, seminar “Cara Sistemasi Perusahaan Distribusi” dimulai. Seminar yang dihadiri oleh 30 orang peserta dari berbagai macam perusahaan distribusi berlangsung sangat meriah.

Mas Agung Sachli sebagai pembicara seminar memulai seminar ini dengan menanyakan tujuan kedatangan beberapa peserta. Kebanyakan dari mereka menyatakan bahwa mereka ingin melihat apakah ada solusi yang lebih baik untuk lebih mudah dalam menjalankan bisnis distribusi mereka.

Topik yang dibahas antara lain: Bagaimana cara mengontrol kredit limit, cara agar jadual tukar faktur bisa tepat waktu, cara mengukur efisiensi sales call, cara input data sales call yang efektif.

Sesi kedua dimulai dengan demo produk FINA Distro, varian FINA yang khusus didesain untuk perusahaan distribusi. Demo dimulai dengan memperlihatkan sebuah aplikasi untuk menyusun Route plan atau rencana kunjungan niaga salesman. Setelah itu data kunjungan tersebut di-download ke dalam sebuah PDA. Berdasarkan data yang ada di PDA tersebut, si salesman mulai melakukan sales call.

Saat sales call, didemokan bagaimana caranya saat salesman mengisi order, mencatat data retailer baru atau alasan bila gagal mengunjungi retailer.

Semua data yang telah dikumpulkan langsung dikirim ke server dalam hitungan menit. Secara real time, data order yang telah masuk langsung muncul ke dalam data FINA. Banyak pemirsa yang tercengang melihat kecepatan data yang masuk ke dalam sistem.

Setelah data masuk ke sistem, Bapak Farel Hasibuan mendemokan bagaimana untuk set credit limit, loading barang ke truck, atur jadual tukar faktur serta setor giro mundur ke bank. Semua hal tersebut dilakukan di dalam sebuah sistem yang sudah saling terintegrasi.

Setelah demo, seminar dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Begitu banyak peserta yang sangat antusias untuk bertanya atau yang sekedar menyampaikan pendapat. Tidak jarang pertanyaan dari peserta dijawab oleh peserta yang lain. Seminar ini akhirnya ditutup dengan door prize 2 buah Viewture senilai masing-masing @Rp.5,5 juta.

Sampai bertemu lagi di liputan seminar Imamatek yang akan datang.