Fitur Extended Field

Pernahkah Anda menghadapi situasi di mana Anda memerlukan sebuah informasi tersimpan di sebuah tabel namun tidak ada field/kolom yang bisa dipakai untuk menampung data tersebut?

Bila Anda bekerja di spread sheet, tentulah sangat mudah Anda menambahkan kolom baru. Tapi bila Anda bekerja di sebuah software, bukan perkara mudah untuk menambah 1 buah kolom baru.

FINA mempunyai fitur untuk menambahkan kolom-kolom baru di hampir semua tabel. Kami namakan fitur ini adalah Extended Field. Sesuai dengan namanya, fitur ini berfungsi untuk menambahkan field-field baru ke tabel-tabel tertentu.

Manfaat dari fitur Extended Field adalah:

  1. Anda bisa menambah maksimal 20 field dengan isian bebas. Untuk mencegah user isi data sembarangan, tipe field bisa dipilih antara:
    1. Alfanumerik
    2. Angka
    3. Boolean (benar/salah)
    4. Tanggal
  2. Anda bisa menambah maksimal 20 field Lookup. Jadi Anda bisa membuat sebuah tabel baru yang nantinya bisa Anda tempelkan di tabel tertentu. Contoh: Customer mempunyai field Kota. Tapi bila user mengisi Jakarta sudah akan dianggap berbeda bila diisi dengan jakarta atau jkt. Solusi akan hal ini adalah kita membuat sebuah tabel lookup yang berisi daftar kota yang dapat dipilih oleh user. Manfaatnya adalah:
    1. User tidak akan salah pilih
    2. Mudah bagi Anda untuk membuat laporan agregat secara akurat.
  3. Field lookup dirancang bisa bertingkat. Jadi Anda bisa membuat tingkatan Lookup seperti ini:
    1. Kelurahan
    2. Kecamatan
    3. Kabupaten/kota
    4. Propinsi
    5. Lalu menghubungkan masing-masing lookup tersebut sehingga di Customer hanya perlu pilih kelurahan saja.

Dengan adanya fitur Extended Field ini membuat pengguna FINA semakin dipermudah untuk membuat field yang didefinisikan sendiri. Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi Imamatek.