Fitur AR Management

Bagi Anda yang bergerak di bidang distribusi dan salah satu saluran distribusi Anda adalah ke modern outlet, tentunya Anda tahu dengan istilah tukar faktur.

Bagi yang belum mengenal, baiklah kami jelaskan terlebih dahulu apa itu proses tukar faktur.

  1. Customer kirim PO
  2. Pada hari yang ditentukan, Anda harus mengirim barang yang dipesan sesuai dengan jumlahnya, Anda akan menerima tanda terima barang.
    Pada titik ini apakah Anda sudah bisa menagih? Belum! Piutang Anda belum diakui karena mereka BELUM menerima faktur dari Anda. Customer hanya menerima faktur pada hari-hari tertentu saja.
  3. Pada hari yang sudah ditentukan, Anda membawa PO Customer, Surat jalan, tanda terima barang, Faktur, lengkap dengan Faktur pajak untuk ditukarkan dengan tanda terima faktur. Dari titik ini baru termin Anda akan berjalan.
  4. Ada customer tertentu yang mengharuskan Anda untuk mengambil giro pada saat faktur sudah jatuh tempo


Tahukah Anda apa yang akan terjadi apabila Anda lupa atau telat tukar faktur pada hari yang sudah ditentukan? Software kami bisa menunjukkan kepada Anda berapa besar impact-nya. Jadi ada baiknya Anda memastikan proses tukar faktur bisa dilakukan tepat waktu.

 

Bagaimana caranya?

FINA for Distributor adalah varian FINA yang sudah dilengkapi dengan fitur AR management. Secara sistem, staff Anda akan diingatkan untuk melakukan tukar faktur ke customer. Jadi tidak ada lagi cerita lupa untuk tukar faktur.
Bila Anda tukar faktur tepat waktu, niscaya cashflow Anda akan lancar.